UPDATE: Usaha Pembajakan Perkawinan Belalang Hijau

Posting date: Sunday, January 30, 2011
This post have:

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 02

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 03

Ada sepasang belalang hijau yang sedang kawin di bunga bayam kakap di halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa Barat.

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 01

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 04

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 05usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 06

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 07usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 08

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 09usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 10

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 11usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 12]

Rupanya proses perkawinan sepasang belalang hijau itu diamati oleh seekor belalang hijau jantan lain ya. Ketika belalang hijau betina yang menggendong belalang hijau jantan di punggungnya itu bergerak turun,  mereka berpapasan dengan sang belalang jantan yang sedang bergerak naik mendekati mereka.

Sang belalang jantan lain itu bergerak memutar dan mencari posisi yang baik untuk bisa melaksanakan niat jahat yang ada didalam kepalanya yang mungkin timbul sejak dia mengamati proses perkawinan belalang hijau itu dan merasa tertarik dengan sang belalang betina yang sedang melakukan proses perkawinannya dengan belalang jantan lain.

Kejadian selanjutnya belangsung cukup cepat dan mengagetkan aku sehingga aku tidak sempat untuk mengambil gambarnya. Aku tidak pernah menduga sebelumnya bahwa sang belalang jantan lain itu akan melompat, menyerang dan berhasil mengusir sang belalang jantan yang sedang asyik melakukan perkawinannya itu.  Selanjutnya Sang belalang jantan penyerang itu mencoba untuk mengawini sang belalang hijau betina tetapi sang belalang betina menolaknya.

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 13usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 14

Sang belalang hijau jantan penyerang berusaha mengawini sang belalang hijau betina (lihat gambar diatas) namun ditolak oleh sang betina. Sementara sang belalang jantan yang tadinya sedang mengawini sang belalang betina memperhatikan dari sebelah kiri atas (lihat gambar dibawah).

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 15usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 16

*****

UPDATE

Usaha Pembajakan Perkawinan Belalang Hijau 2

Usaha Pembajakan Perkawinan Belalang Hijau 9

Beberapa waktu lalu, aku melihat ada seekor belalang hijau jantan yang sedang mendekati sepasang belalang hijau yang sedang asik berduaan. Dari pengalaman sebelumnya, aku langsung curiga, jangan-jangan belalang hijau jantan yang sedang mendekat itu akan melakukan usaha pembajakan seperti yang pernah aku lihat sebelumnya.

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 1

Benar saja, ternyata belalang hijau jantan itu berusaha membajak sang belalang hijau betina dari belalang hijau jantan yang pertama. Tetapi usahanya itu berhasil digagalkan dan belalang hijau pembajak itu bisa diusir menjauh.

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 3

Tetapi rupanya belalang hijau pembajak itu masih penasaran ya. Perlahan-lahan dia berusaha mendekat dan mencoba mengulangi perbuatannya untuk yang ke 2 kalinya. Tetapi lagi-lagi dia juga gagal dan berhasil diusir. Setelah itu rupanya dia menyerah dan pergi menjauh. Akhirnya sepasang belalang hijau itu melanjutkan lagi kisah percintaan mereka di atas daun bayam kakap :-)

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 2usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 4

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 5usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 6

usaha pembajakan perkawinan belalang hijau 7Usaha Pembajakan Perkawinan Belalang Hijau 8

Lihat Klasifikasi Belalang Hijau.

Foto-foto pada Usaha Pembajakan Perkawinan Belalang Hijau adalah hasil foto kamera handphone sony ericsson k800i di halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa barat.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...