Klasifikasi Keluarga Kumbang Kepik atau Kumbang Koksi

Posting date: Friday, February 11, 2011
This post have:
lady bug type
Kumbang koksi adalah salah satu serangga kecil dari ordo Coleoptera. Serangga ini mudah dikenali dari penampilannya yang bundar kecil dengan punggungnya yang berwarna-warni serta pada beberapa jenis berbintik-bintik. Di negara-negara Barat, serangga ini dikenal dengan nama ladybirds (British English, Australian English, South African English), ladybugs (North American English) atau lady beetles (atau ladybird beetles di Eropa). Nama lainnya (walau jarang digunakan) adalah ladyclock, lady cow, dan lady fly. Kebanyakan orang mengenal kumbang koksi sebagai kumbang kepik, karena ukurannya dan perisainya yang juga keras, namun kumbang ini sama sekali bukan dari bangsa kepik (Hemiptera).  

Serangga ini dikenal sebagai sahabat petani karena beberapa anggotanya memangsa serangga-serangga hama seperti kutu daun. Walaupun demikian, ada beberapa spesies koksi yang juga memakan daun sehingga menjadi hama tanaman.

Kumbang ini ditemukan di seluruh dunia, terutama di wilayah-wilayah tempat hidup tanaman yang menyediakan makanannya. Di dunia ini kurang lebih ada sekitar 5.000 spesies dan yang terbesar panjang tubuhnya mencapai hampir 1 cm.

*****

Anatomi Kumbang Koksi (Kumbang Kepik)

lady_beetle_anatomy
Kumbang koksi (kumbang kepik) memiliki penampilan yang cukup khas sehingga mudah dibedakan dari serangga lainnya. Tubuhnya berbentuk nyaris bundar dengan sepasang sayap keras di punggungnya. Sayap keras di punggungnya berwarna-warni, namun umumnya berwarna mencolok ditambah dengan pola seperti totol-totol. Sayap keras yang berwarna-warni itu sebenarnya adalah sayap elitra atau sayap depannya. Sayap belakangnya berwarna transparan dan biasanya dilipat di bawah sayap depan jika sedang tidak dipakai. Saat terbang, ia mengepakkan sayap belakangnya secara cepat, sementara sayap depannya yang kaku tidak bisa mengepak dan direntangkan untuk menambah daya angkat. Sayap depannya yang keras juga bisa berfungsi seperti perisai pelindung.

Kumbang koksi (kumbang kepik) memiliki kaki yang pendek serta kepala yang terlihat membungkuk ke bawah. Posisi kepala seperti ini membantunya saat makan hewan-hewan kecil seperti kutu daun. Di kakinya terdapat rambut-rambut halus berukuran mikroskopis (hanya bisa dilihat dengan mikroskop) yang ujungnya seperti sendok. Rambut ini menghasilkan bahan berminyak yang lengket sehingga kepik bisa berjalan dan menempel di tempat-tempat sulit seperti di kaca atau di langit-langit.

Ukuran kumbang koksi atau kumbang kepik ini adalah antara 0.3 sampai 0.4 in (8 –  10 mm).

*****

Makanan dan perilaku Kumbang Koksi / Kumbang Kepik

Kumbang kepik dikenal sebagai salah satu pembasmi hama ramah lingkungan. Mayoritas dari kumbang koksi atau kumbang kepik adalah karnivora yang memakan hewan-hewan kecil penghisap tanaman semisal kutu daun (afid). Larva dan kumbang kepik dewasa dari spesies yang sama biasanya memakan makanan yang sama. Kumbang Kepik makan dengan cara menghisap cairan tubuh mangsanya. Di kepalanya terdapat sepasang rahang bawah (mandibula) untuk membantunya memegang mangsa saat makan. Ia lalu menusuk tubuh mangsanya dengan tabung khusus di mulutnya untuk menyuntikkan enzim pencerna ke tubuh mangsanya, lalu menghisap jaringan tubuh mangsanya yang sudah berbentuk cair. Seekor kumbang kepik diketahui bisa menghabiskan 1.000 ekor kutu daun sepanjang hidupnya.

Epilachna admirabilisTetapi tidak semua kumbang kepik membawa manfaat bagi manusia. Beberapa spesies kumbang kepik semisal kumbang kepik Jepang dan kumbang kepik dari spesies Epilachna admirabilis (lihat gambar di seblah kanan) diketahui memakan daun tanaman budidaya semisal daun terong sehingga merusak tanaman dan dalam hal ini merugikan petani. Kumbang kepik tersebut biasanya meninggalkan jejak yang khas pada daun bekas makanannya karena mereka tidak memakan urat daunnya.

Kumbang kepik koksi di wilayah empat musim juga melakukan hibernasi (tidur panjang di musim dingin). Kumbang kepik koksi biasanya berkumpul dalam jumlah besar di tempat-tempat seperti di bawah balok kayu, kulit batang, atau timbunan daun saat berhibernasi. Selama periode tidur panjang itu, mereka bertahan dengan memanfaatkan persediaan makanan di tubuhnya.

Kumbang kepik memiliki cara unik dalam mempertahankan diri. Bila merasa terancam bahaya, ia akan berpura-pura mati dengan cara membalikkan tubuhnya dan menarik kakinya ke dalam. Sebagai mekanisme perlindungan lebih lanjut, ia akan mengeluarkan cairan berwarna kuning dari persendian kakinya. Cairan ini memiliki bau dan rasa yang tidak enak sehingga jika berhasil, pemangsanya tidak jadi memakannya karena tidak tahan dengan cairan tersebut.

*****

Reproduksi dan Daur Hidup kumbang kepik / kumbang koksi

Coccinella septempunctata - sevenspotted ladybugs matingKumbang kepik melakukan perkawinan agar bisa berkembang biak. Kadang-kadang ada 2 kumbang kepik yang memiliki corak warna berbeda, namun tetap bisa melakukan perkawinan dan berkembang biak secara normal karena kadang dari spesies kumbang kepik yang sama bisa memiliki corak warna (variasi sayap elitra) yang berbeda. Kumbang kepik betina dari jenis kumbang kepik karnivora selanjutnya memilih tempat yang banyak dihuni oleh serangga makananannya agar begitu menetas, larvanya mendapat persediaan makanan melimpah. Pada kumbang kepik pemakan daun, betina yang baru bertelur di suatu tanaman akan meninggalkan pola gigitan pada daun agar tidak ada betina lain yang bertelur di tanaman yang sama. Di wilayah empat musim, jika kumbang kepik betina tidak berhasil menemukan tanaman yang cocok hingga menjelang musim dingin, maka kepik betina akan menunda pelepasan telurnya hingga musim dingin usai.

lady bugs threesome
Coccinella_septempunctata_ova-s Kumbang kepik sebagai anggota dari ordo Coleoptera (kumbang) mengalami metamorfosis sempurna: telur, larva, kepompong, dan dewasa. Telur kumbang  kepik berbentuk lonjong dan berwarna kuning. Telur-telur ini biasanya menetas sekitar seminggu setelah pertama kali dikeluarkan.

lady beetle larva anatomy
Larva kumbang kepik umumnya memiliki penampilan bertubuh panjang, diselubungi bulu, dan berkaki enam. Larva ini hidup dengan makan sesuai makanan induknya dan ketika mereka bertumbuh semakin besar, mereka melakukan pergantian kulit.

Ladybird_Pupate Larva kumbang kepik yang sudah sampai hingga ukuran tertentu kemudian akan berhenti makan dan memasuki fase kepompong pada usia dua minggu sejak pertama kali menetas. Kepompong ini biasanya menempel pada benda-benda seperti daun atau ranting dan berwarna kuning dan hitam. Kepik dewasa selanjutnya akan keluar dari kepompong setelah sekitar satu minggu. Sayap depan kumbang kepik yang baru keluar masih rapuh dan berwarna kuning pucat sehingga ia akan berdiam diri sejenak untuk mengeraskan sayapnya sebelum mulai berakivitas.
Kumbang koksi atau kumbang kepik dapat hidup sampai 2 – 3 tahun di habitannya.

*****

Klasifikasi Ilmiah keluarga Kumbang Kepik / Kumbang Koksi

Natura - nature
Mundus Plinius - physical world
Naturalia
Biota
Domain Eukaryota - eukaryotes
Kingdom Animalia C. Linnaeus, 1758 - animals
Subkingdom Bilateria (Hatschek, 1888) Cavalier-Smith, 1983 - bilaterians
Branch Protostomia Grobben, 1908 - protostomes
Infrakingdom Ecdysozoa Aguinaldo et al., 1997 ex Cavalier-Smith, 1998 - ecdysozoans
Superphylum Panarthropoda
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 - arthropods
Subphylum Mandibulata Snodgrass, 1938
Infraphylum Atelocerata
Superclass Panhexapoda
Epiclass Hexapoda
Class Insecta C. Linnaeus, 1758 - insects
Subclass Dicondylia
Infraclass Pterygota
Division Neoptera
Subdivision Endopterygota
Order Coleoptera C. Linnaeus, 1758 - beetles
Suborder Polyphaga Emery, 1886
Infraorder Cucujiformia
Superfamily Cucujoidea
Family Coccinellidae - ladybird beetles

*****

Kumbang koksi/kumbang kepik Yang ditemui di halaman



*****

Jenis-jenis kumbang koksi/kumbang kepik hasil googling



*****

Referensi:

1 comments:

PLANTER AND FORESTER said...

blog nya masih aktif nggak ya

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...