Cara Aman dan Mudah Menampilkan Iklan Google Adsense di Blogger/Blogspot Berbahasa Indonesia

Posting date: Wednesday, January 19, 2011
This post have:

Setelah akhirnya bisa lagi mendapatkan akun google adsense dengan cara yang mudah, yang kemudian menjadi permasalahan adalah bagaimana caranya menampilkan iklan google adsense itu di blog ku yang berbahasa Indonesia dengan cara yang aman, tidak melanggar TOS.

Kode google adsense yang aku pasang di blog berbahasa Indonesia sekarang ini, dengan tanpa merubah sedikitpun kodenya, kadang memang menampilkan iklan-iklan dari google adsense, tapi yang lebih sering terjadi adalah tidak adanya iklan selain iklan layanan masyarakat.

Setelah melihat lebih teliti lagi pada google Adsense setup, ternyata sekarang jika iklan dari google adsense tidak tampil, kita bisa memilih untuk menampilkan atau tidak iklan layanan masyarakat itu, atau bahkan bisa menampilkan iklan dari situs PPC lain di tempat iklan google adsense yang saat itu memang tidak bisa menampilkan iklannya sendiri. Jadi bisa bergantian iklan yang tampil di blog antara iklan dari google adsense dengan iklan dari situs PPC lain. Jika google adsense bisa menampilkan iklan, maka iklan dari situs PPC lain tidak akan tampil. Dan sebaliknya jika google adsense tidak bisa menampilkan iklan, maka sebagai ganti dari iklan layanan masyarakat yang biasanya ditampilkan, maka yang akan ditampilkan adalah iklan dari situs PPC lain. Wah…hal yang sangat bagus nih, jadi iklan akan selalu ada di blog walau pun tidak selalu iklan dari google adsense yang muncul.

google adsense reports

Tetapi setelah berjalan-jalan mencari informasi dan sampe di postingan yang ada di blog Abi Bakar Blog Com: Trik Memunculkan Adsense Di Blog Bahasa Indonesia, yang ternyata sangat mencerahkan karena ternyata iklan alternatif yang seharusnya menggantikan iklan google adsense yang tidak tampil dapat diisi dengan iklan dari google adesense itu sendiri sehingga pada akhirnya yang tampil tetap iklan dari google adsense walau isinya tidak nyambung dengan isi posting/blog.

Kelebihan dari cara ini adalah iklan google adsense bisa selalu muncul di blog berbahasa Indonesia, dan tidak melanggar TOS karena tidak ada yang dirubah sama sekali (menurut kang abi sih tidak melanggar TOS walau iklan google adsense di pasang di blog berbahasa Indonesia ya, dan semoga memang benar begitu :-)).

Satu hal yang sempat mejadi masalah lagi adalah bagaimana cara mendapatkan alamat URL untuk iklan pengganti (yang dalam hal ini adalah iklan dari google adsense itu sendiri) karena dengan menggunakan blog gratisan dari Blogger, tidak memungkinkan untuk meng-upload file HTML ke dalam theme/template blog seperti yang disarankan oleh kang Abi bakar dalam postingnya itu (Trik Memunculkan Adsense Di Blog Bahasa Indonesia).

Setelah mencari-cari, akhirnya ketemu juga cara mendapatkan alamat URL iklan pengganti iklan google adsense-nya, yaitu dengan menggunakan jasa dari situs pasteHTML.com, sebuah situs yang menawarkan jasa untuk menjadi tempat menaruh file-file HTML secara online dan gratis, dan tanpa  perlu pendaftaran lagi.

Akhirnya setelah semuanya beres, maka estiaRana.blogspot.com, blog yang berbahasa Indonesia ini bisa selalu menampilkan iklan dari google adsense (walau kadang ga nyambung dengan isi posting :-)) tanpa harus melakukan kecurangan dengan melakukan modifikasi atau apapun pada kode google adsense-nya. Benar-benar sesuatu yang melegakan.

*****

Cara Aman dan Mudah Menampilkan Iklan Google Adsense di Blogger/Blogspot Berbahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Kopi kode unit google adsense yang ingin di beri iklan alternatif.

2. Buka situs pasteHTML.com

3. Ganti contoh kode yang ada dalam kotak sandbox dengan kode unit iklan google adsense yang tadi dikopi. Beri tanda jenis kode yang ingin di publish tadi, dan klik tombol Publish page.

pasteHTML 3

4. Setelah contoh tampilan halaman dari kode yang kita masukan tadi muncul, klik lagi tombol Publish page.

pasteHTML 2

5. Setelah itu kopi alamat URL iklan yang telah di publish itu.

pasteHTML

6.  Untuk memasukan alamat URL iklan pengganti yang sudah didapat ke dalam google adsense, masuk ke Google Adsense –> AdSense Setup –> Manage Ads –> Edit AdSense Unit.

edit google adsense unit

7. Pada bagian More Option, masukan alamat URL tadi ke pilihan Show non-Google ads from another URL.

8. Klik tombol save Settings. Tunggu sekitar 10 menit untuk melihat perubahan yang sudah dilakukan.

Selamat Mencoba!!

4 comments:

wawaneumi said...

makasih buuuuanyak

doddy said...

@wawaneumi: kembali kasih...

ghobro said...

informasinya sangat berguna dan saya telah mencobanya. Informasi ini saya reposting dengan backlink ke tulisan ini di http://goo.gl/c4J7c

doddy said...

@ghobro: wah...senang kalo bisa membantu. salam kenal ya :-)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...