Nama Indonesia | Kumbang kepik, Kumbang koksi |
Nama Inggris | Transverse Ladybird |
Nama ilmiah | Coccinella transversalis Fabricius |
Ini adalah jenis kumbang kepik atau kumbang koksi yang beberapa waktu lalu banyak terdapat di halaman belakang rumah di Jonggol. Kumbang ini sangat lincah, bergerak kesana kemari di tanaman dan rerumputan.
Klasifikasi kumbang kepik/kumbang koksi Transverse Ladybird
Natura - nature | |
Mundus Plinius - physical world | |
Naturalia | |
Biota | |
Domain | Eukaryota - eukaryotes |
Kingdom | Animalia C. Linnaeus, 1758 - animals |
Subkingdom | Bilateria (Hatschek, 1888) Cavalier-Smith, 1983 - bilaterians |
Branch | Protostomia Grobben, 1908 - protostomes |
Infrakingdom | Ecdysozoa Aguinaldo et al., 1997 ex Cavalier-Smith, 1998 - ecdysozoans |
Superphylum | Panarthropoda |
Phylum | Arthropoda Latreille, 1829 - arthropods |
Subphylum | Mandibulata Snodgrass, 1938 |
Infraphylum | Atelocerata |
Superclass | Panhexapoda |
Epiclass | Hexapoda |
Class | Insecta C. Linnaeus, 1758 - insects |
Subclass | Dicondylia |
Infraclass | Pterygota |
Division | Neoptera |
Subdivision | Endopterygota |
Order | Coleoptera C. Linnaeus, 1758 - beetles |
Suborder | Polyphaga Emery, 1886 |
Infraorder | Cucujiformia |
Superfamily | Cucujoidea™ |
Family | Coccinellidae - ladybird beetles |
Subfamily | Coccinellinae™ |
Genus | Coccinella™ C. Linnaeus, 1758 |
Specific name | transversalis - Fabricius |
Scientific name | Coccinella transversalis |
There are approximately 91 species in genus Coccinella |
|
Lihat Uraian dan Klasifikasi Keluarga Kumbang Kepik atau Kumbang Koksi
Lihat Variasi-variasi sayap depan (Elitra) kumbang Transverse Ladybird
Foto-foto kumbang kepik / kumbang koksi Transverse Ladybird adalah hasil foto kamera hape sony ericsson k800i di halaman belakang rumah di Jonggol.
*****
Referensi:
- http://id.wikipedia.org/wiki/Kumbang_koksi
- http://www.aphidweb.com/Bioagentlist.htm
- http://taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=25932&tree=0.1
- http://zipcodezoo.com/Animals/C/Coccinella_transversalis/
0 comments:
Post a Comment