Ulat Ngengat Ganti Kulit

Posting date: Monday, January 3, 2011
This post have:

Ulat ngengat Sphingidae 1Ulat ngengat Sphingidae 2

Ini adalah ulat ngengat dari famili Sphingidae yang aku temui di halaman belakang rumah di Jonggol. Ada beberapa ekor ulat yang aku lihat memakan daun sejenis keladi beberapa waktu lalu. Setelah beberapa waktu tubuh mereka menjadi cukup besar, tiba-tiba pada suatu siang menjelang sore, ketika daun-daun makanan yang mereka makan habis, aku lihat ulat-ulat itu bergerak pergi dari tempatnya mencari makan selama ini. Awalnya aku mengira mereka pergi mencari sumber makanan baru. Ada seekor yang aku lihat menaiki tanaman lain dan berdiam di belakang salah satu daunnya.

Keesokan paginya aku melihat ulat tersebut masih berada di belakang daun. Ketika hari siang, dan aku sengaja menyempatkan diri untuk melihatnya, ternyata ulat tersebut sedang berada dalam proses berganti kulit!!!

Baru kali ini aku melihat proses ulat berganti kulit. Benar-benar menakjubkan karena disamping aku belum pernah melihatnya, aku juga sebenarnya belum pernah tahu (apalagi berpikir) kalau sebenarnya ulat itu juga mengalami proses ganti kulit seperti belalang yang sudah beberapa kali aku melihat proses ganti kulitnya.

Satu hal lagi yang membuatku tercengang adalah ternyata setelah proses ganti kulit selesai dan ulat juga telah berdiam diri cukup lama untuk membuat organ-organ tubuhnya mengeras, ulat itu lalu memakan bekas kulitnya sendiri sampai hampir habis semua, dengan hanya menyisakan sedikit saja bekas kulitnya yang menempel di daun.

DSC03311

DSC03313

DSC03320

DSC03321

DSC03322

DSC03323DSC03331

DSC03335DSC03336

Klasifikasi ilmiah keluarga ngengat Sphingidae
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Insecta
Order: Lepidoptera
(unranked): Macrolepidoptera
Superfamily: Bombycoidea
Family: Sphingidae - Latreille, 1802

Foto-foto ulat ngengat ganti kulit adalah hasil foto kamera hape sony ericsson k800i di halaman belakang rumah di Jonggol.

Referensi:
Wikipedia
fobi

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...