Bunga-Bunga Tapak Dara (Catharanthus roseus)

Posting date: Tuesday, January 4, 2011
This post have:
tapak dara 12_editedtapak dara 35_edited
rose periwinkle 14

Nama: Tapak dara, kembang sari cina, kembang tembaga beureum, rutu-rutu, kembang serdadu (Indonesia); Chang Chun Hua (Cina); Kemunting China, rumput jalang (Malaysia); hoa hai dang (Vietnam); Tsitsirika (Pilipina); Cape Periwinkle, Madagascar Periwinkle, Rose Periwinkle, Old-maid (Inggris)

Nama Synonym:
          Vinca rosea
          Ammocallis rosea
          Lochnera rosea

Klasifikasi ilmiah tanaman obat tapak Dara
Natura - nature
Mundus Plinius - physical world
Naturalia
Biota
Domain Eukaryota - eukaryotes
Kingdom Plantae Haeckel, 1866 - plants
Subkingdom Viridaeplantae Cavalier-Smith, 1981 - green plants
Phylum Tracheophyta Sinnott, 1935 ex Cavalier-Smith, 1998 - vascular plants
Subphylum Euphyllophytina
Infraphylum "Radiatopses" Kenrick & Crane, 1997
Class Magnoliopsida Brongniart, 1843
"eudicots"
"core eudicots"
Subclass Asteridae Takhtajan, 1967
"lamiids"
Order Gentianales Lindley, 1833
Family Apocynaceae A.L. de Jussieu, 1789 - dogbane family
Subfamily Rauvolfioideae
Tribe Vinceae
Genus Catharanthus G. Don, 1837
Species Catharanthus roseus™ (Linnaeus) G. Don - Madagascar periwinkle

Beberapa resep pengobatan yang menggunakan pohon tapak dara:
Sakit gula/kencing manis (Diabetes mellitus):
  1. Rebus sampe mendidih 10-16 lembar daun tapak dara dengan 3 gelas air  hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, air rebusannya diminum. Ulangi sampe sembuh.
  2. Rebus sampe mendidih 35-45 gram daun tapak dara ditambah dengan adas pulawaras dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Diminum setelah dingin, dan ulangi sampe sembuh.
  3. Rebus sampe mendidih 3 lembar daun tapak dara dan 15 kuntum bunganya dengan 4 gelas air hingga tinggal 1.5 gelas. Diminum pagi dan sore hari setelah makan.
Tekanan darah tinggi (Hipertensi):
  1. Rebus 15-20 gram daun tapak dara kering dan 10 gram bunga krisan dengan 2.5 gelas air sampe mendidih dan disaring. diminum tipa sore.
  2. Seduh 7 lembar daun atau bunga tapak dara dengan 1 gelas air dan biarkan beberapa saat, lalu disaring. Diminum menjelang tidur.
Leukimia : Rebus 20-25 gram daun tapak dara dan adas pulawaras dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Asma dan Bronkhitis: Rebus 1 potong bonggol akar tapak dara dengan 5 gelas air. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Demam: Rebus sampe mendidih 1 genggam daun tapak dara (12-20 gram), 3 potong batang dan akarnya hingga tinggal 1.5 gelas. Diminum pagi dan sore hari ditambah gula kelapa.
Radang perut dan Disentri: Rebus sampe mendidih 15-30 gram daun tapak dara kering dengan 3 gelas air. Diminum pagi dan sore hari ditambah gula kelapa.
Kurang darah: Rendam 4 putik bunga tapak dara putih dengan 1 gelas air, lalu ditaro diluar rumah semalamam. Diminum di pagi hari dan lakukan secara teratur.
Tangan gemetar: seduh 4-7 lembar daun tapak dara dengan 1 gelas air panas dan disaring, lalu diminum biasa.
Gondong, Bengkak, Bisul dan Borok: Tumbuk halus 1 genggam daun tapak dara, lalu tempelkan pada bagian yang luka.
Luka bakar: Rendam dengan air beberapa daun tapak dara dan 0.5 genggam beras, kemudian tumbuk bersama-sama sampe halus, lalu tempelkan pada bagian yang luka.
Luka baru: Kunyah sampe lembut 2-5 daun tapak dara lalu ditempelkan pada bagian yang luka.

Sumber: IPTEKnet

*********************

Untuk mengatasi kanker: 15 gram tapak dara segar, 30 sampai 60 gram daun pepaya segar, 30 gram daun bayam merah, 30 gram rumput mutiara, direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan ditambahkan madu, diminum tiga kali sehari sebanyak 100 cc (tetap konsultasi ke dokter).
Mengatasi kanker payudara: 6 sampai 15 gram tapak dara kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.
Mengatasi kanker rahim: 15 gram bunga tapak dara, 30 gram rumput lidah ular, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc dan diminum airnya.
Mengatasi hipertensi: 15 gram daun atau bunga tapak dara direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.
Obat diabetes: enam lembar daun tapak dara, 15 kuntum bunga tapak dara, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian, disaring dan diminum airnya dua kali sehari, pagi dan sore.
Mengatasi batu ginjal: 30 gram daun tapak dara, 30 gram daun keji beling, 15 gram daun tempuyung, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian, disaring dan diminum dua kali sehari.

Sumber: indonesiaindonesia.com

*********************

Kanker payudara: Bahannya memerlukan 22 lembar daun tapak dara, buah adas (Foeniculum vulgare), dan kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardti). Adapun cara membuatnya, yaitu ketiga bahan tersebut dicuci bersih kemudian direbus dalam air sebanyak tiga gelas.
Tambahkan gula merah secukupnya dan biarkan mendidih sampai tinggal setengahnya. Setelah dingin saring dengan saringan teh dan ramuan ini diminum tiga kali sehari (pagi, siang, malam) masing-masing setengah gelas. Minumlah selama 1bulan.

Pohon tapak dara ini katanya juga sedikit bersifat toksik/racun ya, makanya penggunaannya sebagai obat harus dibatasi. Tanda-tanda keracunan pohon Tapak Dara adalah seperti demam, loya dan muntah-muntah dalam tempo 24 jam. Tanda-tanda yang lain adalah neuropati, kehilangan refleks tendon, berhalusinasi, koma, sawan dan kematian.

Sumber:Wikipedia

*********************

Catatan:
  1. Diluar negeri herba tapak dara sudah dibuat obat suntik yaitu vincristine dan vinblastine ijeksi
  2. Perempuan hamil dilarang menggunakan tumbuhan obat ini 

rose periwinkle 05
rose periwinkle
rose periwinkle 11
rose periwinkle 12
rose periwinkle 13tapak dara 05_edited
tapak dara 03_editedtapak dara 04_edited
tapak dara 11_edited tapak dara 07_edited
tapak dara 23_editedtapak dara 22_edited
tapak dara 28_edited tapak dara 16_edited
tapak dara 45_edited
Bunga Tapak dara dan bunga Pukul delapan kuning

Foto bunga-bunga tapak dara (Catharanthus roseus) adalah hasil foto kamera hape sony ercisson k800i di halaman samping rumah di kampung gedong dan di teras atas rumah di kampung gedong.

*****

Referensi:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...